Langkah - langkah membuat Web

Sebenernya banyak cara untuk melahirkan sebuah website, tentu beda dengan blog (baca disini) namun dengan tujuan bukan untuk menggurui, hanya ingin berbagi pengetahuan saja, ALing ingin memberikan secara garis besar urutan - urutan seorang webdesigner dalam menciptakan sebuah website...
And aling mau punya web baru lho..hehehe, tunggu aja, tapi kali ini pake bayar, g' gratis web nya.., makanya udah berhari-hari aling tidur kalo sore (setelah plng kul) aja, malem selalu nglembur mbuat web, disamping ngerjain tugas kuliah....

Berikut langkah-langkahnya...
1. Membuat Sketsa Desain :
Dalam mendesain suatu homepage langkah pertama yang dilakukan adalah membuat sketsa disain pada kertas, hal ini dilakukan untuk memberi gambaran bagaimana homepage kita nanti setelah selesai dan bagaimana cara mengatur letak letaknya. tetapi untuk kebanyakan orang langkah ini biasanya dilewati dan langgsung meloncat ke langkah kedua.

2. Membuat Layout Desain :
Setelah sketsa sudah jadi, kita menggunakan software seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Macromedia Fireworks dan Macromedia Freehand untuk memperhalus sketsa desain dan juga menambahkan efek efek pada sketsa tersebut.

Setelah layout desain homepage sudah jadi. File gambar tersebut dipecah menjadi potongan kecil-kecil untuk mengoptimize waktu download.Karena file gambar biasanya berukuran besar sehingga akan memerlukan waktu lama untuk membuka untuk membuka halaman web yang memakai gambar tersebut. Untuk melakukan hal tersebut kita dapat menggunakan software Adobe Image Ready. Software ini dapat langsung memotong gambar yang besar tadi dan otomatis juga menjadikannya ke dalam format html. Langkah ini bisa saja dilewatkan bila ukuran gambar kita tidak terlalu besar.

3. Membuat Animasi :
Animasi diperlukan untuk menghidupkan homepage kita agar menarik pengunjung. Macromedia Flash dan Gif Construction Set dapat dipakai untuk melakukan hal tersebut.

4. Membuat HTML :
Setelah itu kita merapikan layout desain kita seperti menempatkan beberapa tombol dan gambar, menambah text, mengedit script HTML, membuat layout form ke dalam format HTML. Untuk itu kita perlu software HTML Editor seperti Macromedia Dreamweaver, Microsoft Frontpage dan Allaire Homesite.

5. Programming dan Script :
Untuk website e-commerce, iklan baris, lelang, database, membuat guestbook, counter dan forum diskusi. selain itu script ini juga dapat digunakan untuk mempercantik halaman web kita antara lain membuat animasi text , membuat animasi pada background dan lain lain. File HTML kita perlu programming untuk melakukan aktivitas semacam itu. Programming dan script ini bisa dibuat dengan menggunakan ASP, Borland Delphy, CGI, PHP, Visual Basic dan yang terkenal saat ini adalah dengan menggunakan java script.

6. Upload HTML :
Setelah file kita telah menjadi html beserta gambar dan scriptnya. Kita perlu meng-upload file kita ke suatu tempat ( hosting ), agar semua orang di dunia dapat mengakses halaman html kita. Biasanya Macromedia Dreamweaver dengan fasilitas site FTP dan Microsoft Frontpage dengan Publishnya telah menyediakan fasilitas upload ini. Atau dapat menggunakan software seperti WS-FTP, Cute FTP, Bullet FTP. Yang perlu menjadi catatan di sini adalah jika kita menggunakan microsoft frontpage kita harus memilih hosting yang mendukung frontpage ini karena tidak semua hosting mendukung frontpage, terutama hosting gratis.

7. memilih hosting :
Untuk homepage pribadi atau yang sekedar ingin coba-coba biasanya setelah file html sudah jadi dapat hosting di tempat-tempat gratis, memakai guestbook dan counter gratis dan menambah macam-macam accesories dalam mempercantik homepage pribadi tersebut. Untuk webhosting gratis ALing merekomendasikan temen-temen menggunakan ini, kenapa? cz hosting ini sangat handal, disamping gratis, web hosting ini menyediakan Bandwitch yang cukup besar, dengan dukungan autoinstaller, dan unlimited domain, kamu bisa berkreasi sesuka hatimu...
Namun jika kamu lebih suka hostingan yang bisa ngasih duit kamu bisa pake ini

Software-Software yang dipakai

Desain :untuk me desain suatu homepage biasanya para web designer dimulai dengan software ini sebagai tampilan sementara atau dalam membuat layout homepage.

1. Adobe Photoshop : Desain berbasis titik ( bitmap )

2. Adobe Image Ready : Memotong gambar-gambar ke dalam format html

3. Adobe Illustrator : Desain berbasis vector

4. CorelDraw : Desain berbasis vector

5. Macromedia Freehand : Desain berbasis vector

Efek Desain :hal ini dilakukan untuk menghidupkan desain yang telah kita rancang. Seperti menambah efek cahaya, textur dan manipulasi teks.

1. Macromedia Firework : Efek teks

2. Painter : Memberikan efek lukisan

3. Ulead Photo Impact : Efek frame dan merancangan icon yang cantik.

4. Plugins Photoshop : Seperti Andromeda, Alien Skin, Eye Candy, Kai's Power Tool dan Xenofex juga sangat mendukung untuk memberi efek desain sewaktu anda mendesain layout homepage di Photoshop.

Animasi :Penambahan animasi perlu untuk membuat homepage agar kelihatan menarik dan hidup.

1. 3D Studio Max : Untuk membuat objek dan animasi 3D.

2. Gif Construction Set : Membuat animasi file gif 3. Macromedia Flash : Menampilkan animasi berbasis vector yang berukuran kecil.

3. Microsoft Gif Animator : Membuat animasi file gif

4. Swift 3D : Merancang animasi 3D dengan format file FLASH.

5. Swish : Membuat berbagai macam efek text dengan format file FLASH.

6. Ulead Cool 3D : Membuat animasi efek text 3D.
Seperti yang ingin aling lakukan sebentar lagi yaitu memenuhi Blog ALing ini dengan animasi...heheheh, tak hanya blog, FS aling pun akan reborn juga, dengan penambahan flash animasi...
Tapi ni masih nunggu pembagian hosting berbayar yang dibeli temenku, katanya aling mau dibagi sih , tapi kok belum ya...hehehehe, sekalian mau coba domain name aling yang baru, BLOLANG.CN, yang masih belum terpakai..




Masukan email Kawan2, and pastikan trik&gratisan aku langsung sampe ke Inbox kamu :

Delivered by FeedBurner



Tag: Panduan membuat web, Tutorial membuat web, web designer.

3 komentar:

  • alifahru

    pakai blogger atau wordpress dah cukup. nggak usah koding, editing gambar dll. murah dan meriah :)

  • ALing

    @alifahru: ehem, pake wordpress atau blogger emang murah meriah sih..., tapi ya ada batasanya and kelebihanya masing-masing... untuk sekarang kekuranganya blogger, kayaknya g' bisa hosting gambar langsung ya mas?? kayak wordpress gitu??